Ingin Belajar Hackers dari Nol, Ikuti 5 Tips Ini

Ingin Belajar Hackers dari Nol, Ikuti 5 Tips Ini

Apapun yang dibuat oleh manusia tentu tidak ada yang sempurna seperti sebuah sistem. Nah, kelemahan dalam sebuah sistem inilah yang membuat celah para hackers dapat masuk ke dalamnya.

Aktivitas hacking dapat dipelajari oleh siapapun dengan background pendidikan IT ataupun secara autodidak. Bagi kamu yang ingin belajar hackers dari nol secara autodidak, coba pahami beberapa poin di bawah ini.

1. Mengetahui Bahasa Pemrograman

Bagi yang pernah sekolah atau memiliki background IT tentunya sudah mengenal sejumlah bahasa pemrograman. Mengetahui berbagai istilah dalam pemrograman ini adalah poin penting untuk dapat memahami kode-kode dalam sistem komputer.

Jika sudah mengerti bahasa pemrograman, kamu dapat membuat aplikasi, membangun website,menciptakan game, dan berbagai hal yang berhubungan dengan software dan sistem.

Untuk bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh para hackers handal adalah PHP. Namun, kamu juga harus mengerti bahasa pemrograman dalam HTML dan Javascript.

2. Menggunakan Linux

Linux adalah sistem operasi yang biasa digunakan oleh para hacker untuk melakukan hacking, seperti developing hingga penetration testing. Alasan mengapa memilih menggunakan Linux untuk aktivitas hacking, di antaranya adalah:

  • Free & Open source
  • Support banyak bahasa pemrograman
  • Ringan dan flexible
  • Kebanyakan tools hacking diproduksi untuk OS Linux

Pasalnya, OS Windows biasanya lebih mudah diretas daripada Linux yang cenderung lebih aman dan bersifat open source. Memahami sistem operasi yang tepat adalah hal yang bijak dan memotivasi untuk belajar hacking lebih baik.

3. Jaringan Sistem Komputer

Memahami hal-hal tentang jaringan komputer sangatlah penting jika kamu ingin belajar hackers. Kamu harus tahu bagaimana caranya melakukan konfigurasi dan berbagai aturan penting lain.

Umumnya, hal mendasar yang harus diketahui adalah mengenai protokol IP/TCP. Selain itu, ada peraturan lain yang tidak kalah penting untuk diketahui, seperti FTPs maupun HTTPs, dan banyak lainnya.

4. Mengerti Programming atau Coding

Tidak hanya mengerti bahasa pemrograman saja, namun harus mengerti juga cara coding yang cantik dan rapi, supaya dapat memahami alur, cara kerja, logika, serta sistem yang ingin dimasuki. Pasalnya, cukup sulit untuk bisa melakukan aktivitas hacking tanpa adanya keahlian programming terutama dalam mencari bug dan membuat exploit supaya bisa meretas sebuah sistem.

Setelah mengetahui keempat cara belajar hackers untuk pemula di atas, apakah kamu semakin ingin untuk mempelajarinya?