Arti Observasi Dan Kelebihan Serta Kekurangannya

Arti Observasi Dan Kelebihan Serta Kekurangannya

Banyak orang senang menjalankan observasi, lalu apakah Anda tahu apa arti observasi dan bagaimana observasi tersebut? Observasi adalah kegiatan yang dilakukan pada makhluk cerdas dalam memproses objek dengan tujuan merasakan dan memahami pengatahuan pada sebuahh fenomena disesuaikan dengan pengetahuan maupun ide yang sudah ada terlebih dulu dibandingkan observasi yang lakukan tersebut guna melanjutkan kepada investigasi lebih lanjut.

Arti Observasi Menurut Para Ahli

Observasi menurut beberapa ahli tidak jauh berbeda, yaitu :

1. Sutrisno Hadi

Observasi yakni proses kompleks terdiri dari proses psikologis hingga biologis. Hal paling penting adalah antar mereka bahwa terdapat proses memori.

2. Nawawi dan martini

Observasi adalah penjelasan tentang rekaman secara sistematis dengan unsure yang muncul pada beberapa gejala yang berasal dari objek penelitian. Maka, hasil yang dilaporkan akan berwujud dalam laporan yang disusun dengan aturan yang sistematis.

3. Prof. Heru

Observasi adalah Sebuah studi dijalankan dengan sengaja, sistematis, bertujuan, terencana dengan melakukan pengamatan hingga merekam seluruh kejadian maupun fenomena dan mengacu terhadap syarat juga aturan pada penelitian atau karya ilmiah. Hasil dari pengamatan ilmiah harus dijelaskan dengan hati, akurat, dan tepat, serta tidak diizinkan menambah maupun mengurangi serta dibuat-buat sesuai keinginan peneliti.

Pahami Arti Observasi Dalam Kelebihan Dan Kekurangannya

Setiap kegiatan pengamatan pasti ada kelebihan dan kekurangannya, begitu juga dengan observasi, yakni :

1. Kelebihan observasi

Mampu merekam berbagai hal, perilaku, maka ketika waktu kejadian berlangsung maupun saat perilaku itu terhadi bisa mendapatkan data secara langsung dari subjek dan bisa dilakukan komunikasi dengan rangkaian kata kata yang baik verbal atau tidak.

2. Kelemahan observasi

Menjalankan kegiatan observasi kebanyakan dibutuhkan waktu yang tidak sebentar supaya bisa memperoleh hasil yang maksimal dalam peristiwa yang diobservasi. Misalkan, dalam observasi upacara pemakaman orang Toroja pada kasus kematian, peneliti terus-menerus menunggu dalam upacara adat berlangusung. Mereka mengamati fenomena yang sudah berlangsung lama dan tidak dapat dilakukan langsung dan dalam waktu singkat.

Setelah paham tentang arti observasi kelebihan dan kekurangannya diharapkan Anda bisa memahami bagaimana observas tersebut dijalankan, apalagi cara penelitian satu ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.